Minggu, 07 Mei 2017

Gua Pindul



Gua Pindul , Cave Tubing yang fantastik.....
 
Penulis bertopi merah bersama santri putri Perguruan Islam Al-Hikmah Kajen sebelum Cave Tubing, ini merupakan kunjungan ke gua Pindul yang keempat kalinya
Gua pindul adalah sebuah gua yang dasarnya berupa sungai, terletak di desa Bejiharjo Karangmojo Gunungkidul Yogjakarta, obyek wisata yang dibuka untuk umum pada 10 Oktober 2010 ini, menawarkan tantangan tersendiri. Untuk menyusuri gua pengunjung harus mengenakan rompi pelampung dan helm, serta menaiki pelampung dari ban bekas yang dinaiki satu persatu.
Sungai yang kita susuri sebenarnya adalah sungai bawah tanah yang terkuak dan terbuka  di mulut  dan ujung gua, karena sebagian besar wilayah Gunungkidul adalah tanah kars / kapur sehingga banyak dijumpai sungai bawah tanah. kegiatan ini disebut dengan istilah populer “ cave tubing “. Gua yang panjangnya mencapai 350 an meter ini menawarkan pemandangan gua yang masih alami, dengan aneka stalagmit dan stalagtit yang menawan, serta kelelawar yang bergelantungan di langi-langit gua menambah keindahan tersendiri.
Penulis didepan mulut Gua Pindul saat kunjungan yang pertama

Untuk menyusuri Gua Pindul ini sebaiknya dilakukan secara berombongan, dan mulai masuk gua sampai didalam gua selalu dalam pantauan pemandu yang mendorong dan menerangkan asal muasal nama pindul diberikan, nah sambil menikmati langit –langit gua kita bisa mendengarkan uraian panjang dari pemandu.Penulis sendiri berwisata di Gua Pindul ini sampai di tahun 2017 merupakan kunjungan yang keempat kalinya.
Untuk sampai ke obyek wisata Gua Pindul ini dapat dicapai dari kota Yogjakarta, bisa menggunakan mobil, bus dan sepeda motor melewati jalan Wonosari keutara sekitar 7 Km.,  dan sampailah ke desa Bejiharjo. Bagi wisatawan yang ingin menyusuri gua disarankan uang, hp  dan barang berharga dapat dititipkan pada biro/ agen yang mengantar kita ke Gua pindul.
Nama “ Pindul “ diberikan merujuk kisah turun temurun masyarakat Bejiharjo. Al-Kisah perjalanan hidup  joko Singlulung yang menyusuri hutan lebat ,sungai dan gua untuk mencari ayahnya yang hilang. saat menyusuri gua tiba-tiba kepala Joko Singlulung membentur ( kepindul ) batu dalam gua,sejak saat itulah gua tempat Joko Singlulung terbentur batu terkenal dengan nama Gua Pindul.
Suasana didalam gua
Stalakmit yang masih tumbuh menghiasi langit-langit gua
Kelelawar bergelantungan disana sini menambah keasyikan tersendiri
 
Santai sejenak nampang dulu setelah cave tubing


Penulis waktu kunjungan ke Gua Pindul yang ke tiga kalinya






















1 komentar:

  1. Mummys Gold - babyliss pro titanium - iTanium-Arts
    This gem rocks a beautiful titanium white octane golden hue with bright red gemstone and bronze head. titanium earrings The gold-plated ceramic core is citizen super titanium armor surrounded by a dense 1xbet login layer of rock, $29.99 · ‎Out of titanium bicycle stock

    BalasHapus